Ternyata 5 Negara Ini Punya Jemaah Haji Terbanyak

0
244

Gazebo Fact – Jemaah Haji Terbanyak Berasal Dari 5 Negara Ini

Setiap tahunnya, Arab Saudi akan di kunjungi Umat Muslim diseluruh dunia. Namun tidak semua orang yang ada di suatu negara bisa langsung melaksanakan ibadah haji. Beberapa tahap administrasi dan sebagainya perlu di penuhi oleh calon jemaah haji.

Begitu pula dengan beberapa ketentuan dari Pemerintahan Arab Saudi, seperti diantaranya adalah kuota haji disetiap negara. Contohnya, beberapa negara kerap melakukan negosiasi ke Pemerintah Arab Saudi untuk menambah kuota haji warga negaranya.

Berikut fakta mengenai asal negara dengan jemaah haji terbanyak di dunia di tahun 2017.

Indonesia
(Foto/Liputan6)

Beberapa kali informasi dari media Indonesia menyebutkan bahwa Pemerintah Arab Saudi memberikan tambahan kuota haji untuk Indonesia. Khususnya setelah kunjungan Raja Salman ke Indonesia. Pada tahun 2017 kuota haji Indonesia ditambah  sekitar 10ribu jemaah. Oleh karena itu, Indonesia menempati peringkat pertama jemaah haji terbanyak pada tahun 2017. Seperti dilansir dari press Kemenag RI, Indonesia mengirim 221.000 jemaah. Pada tahun 2016, Indonesia hanya mengirimkan 211.000 jemaah.

Baca Juga  Sering Bagi-Bagi Sepeda, Ternyata Ini Filosofi Pak Jokowi

Pakistan
(Foto/IDNTimes)

Posisi kedua ditempati oleh Pakistan. Tahun 2017 ini, Pemerintah Pakistan melepas 179.210 Jemaah. Sebelumnya pihak Pakistan telah mengajukan permohonan penambahan kuota haji ke Pemerintah Arab Saudi. Sayangnya, faktor sensus penduduk di Pakistan belum selesai sempurna sehingga ditolak oleh Arab Saudi.


India
(Foto/IDNTimes)

Peringkat ketiga adalah jemaah haji asal India. Kabarnya, setelah restorasi kuota haji dikurangi 20% sejak 2012 lalu, Salah satu negara dengan umat muslim terbanyak ini mengirimkan 170.000 jemaah haji pada tahun 2017 ini.


Bangladesh
(Foto/Republika)

Bangladesh juga merupakan negara dengan umat muslim terbanyak. Pada ibadah haji tahun 2017 ini, Pemerintah Bangladesh hanya mengirim 127.198 jemaah. Sama halnya dengan negara lain, Bangladesh juga mendapatkan restorasi kuota setelah sejak 2012 lalu dikurangi 20%. Menurut informasi, biaya ibadah Haji dari Bangladesh tergolong mahal. Pasalnya mata uang taka menurun.


Mesir
(Foto/Okezone)

Negara yang tetanggaan dengan Arab Saudi menduduki peringkat ke-5 jemaah haji terbanyak di dunia tahun 2017. Jemaah haji asal Mesir berjumlah 108.000 jiwa. Pada kesempatan ini juga, Mesir membuka portal perbatasannya dengan Gaza yang beberapa waktu tertutup. Tujuannya adalah untuk memberikan jalur ke Arab Saudi bagi jemaah haji asal Palestina.

Baca Juga  Cincin Menghilang Selama 8 Tahun, Ditemukan Hanya 2 Jam Lewat Facebook

Berikut 5 jemaah haji terbanyak pada tahun 2017. Sedangkan posisi ke 6 – 10 ditempati oleh Iran, Nigeria, Turki, Aljazair, dan Maroko.

SHARE YA !!
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
Ads Content
loading...

Komentarnya ?