Sering Bagi-Bagi Sepeda, Ternyata Ini Filosofi Pak Jokowi

0
346
Gazebo Fact – Sering Bagikan Sepeda, Ternyata Ini Filosofi Pak Jokowi

Kalian tentunya sering melihat Presiden RI Ke-7 membagikan sepeda dalam agendanya. telah banyak dikabarkan oleh media, Pak Jokowi bagi-bagi sepeda. Dari kunjungan kerja ke pelosok nusantara hingga pada upacara kemerdekaan.

Bukan sekedar bagi-bagi, biasanya Pak Presiden kita memberikan kuis. Pertanyaan kuis itu pastinya memuat wawasan kebangsaan secara umum. Siapa yang ditunjuk kemudian bisa menjawab pertanyaan itu, akan dihadiahkan sepeda. Sepeda ini langsung diberikan Presiden untuk dibawa pulang.

Raisa dapat hadiah sepeda dari Jokowi (Foto/Trivia)

Banyak sekali info tentang Jokowi menghadiahi sepeda. Seperti yang tak luput media, Penyanyi wanita Raisa, Pemenang baju adat pada Upacara Kemerdekaan yang ke-72 dan masih banyak lagi. Karena hal ini akhirnya muncul tanda tanya bagi masyarakat.

Kenapa pak Presiden suka memberikan hadiah sepeda ?

Pertanyaan yang muncul ini akhirnya membuka Presiden Joko Widodo untuk menjawab gaya kepemimpinannya yang unik ini.

Presiden yang berasal dari Solo ini mengemukakan bahwa dirinya memang suka bersepeda sejak dahulu. Karena memang bersepeda memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun secara filosofis, Pak Jokowi mengungkapnya lewat akun facebook.

Baca Juga  Sempat Keguguran, Seorang Ibu Di Alabama Melahirkan 6 Bayi Kembar

Bagi Presiden Jokowi, Bersepeda itu adalah kemandirian dan kerja keras. Kemajuan dan kecepatan bersepeda tergantung dengan kita mengayuhnya tanpa bantuan mesin atau tenaga orang lain. Jika diartikan, filosofi ini mengarah kepada usaha kita untuk mencapai impian. Semakin kita berusaha dan bekerja keras maka semakin cepat kita akan sampai pada impian itu.

Menurut beliau, didalam bersepeda juga ada rasa kebersamaan. Maksudnya sistem kerja tubuh ketika bersepeda. Kaki yang mengayuh, mata memandang, tangan mengarahkan dan jari-jari siap waspada dengan rem. Begitu pula dengan keseimbangan yang harus dijaga ketika bersepeda yang menggambarkan bergerak untuk maju harus seimbang tidak terpecah yang akhirnya menjatuhkan diri sendiri.

Bukan hanya itu, bersepeda memaknai kebhinekaan. bersepeda bisa dilakukan oleh siapa saja lintas agama, suku dan ras. Bersepeda juga berarti menjaga lingkungan, tidak ada polusi.

Singkatnya hal itulah pelajaran yang dapat diambil dari bersepeda. Makanya pak Presiden gemar membagikan sepeda.

Darimana asal biaya pembelian sepeda ?

Ternyata, uang yang digunakan Presiden Jokowi berasal dari anggaran bantuan sosial untuk presiden. Sedangkan harga persepeda tidak bisa dipastikan. Karena merek dan tempat pembelian sepeda tergantung daerah yang dikunjungi Presiden. Begitu pula dengan jumlahnya, sepeda dibeli sesuai dengan masyarakat yang hadir. Jika banyak , maka jumlah sepeda juga ditambah. Keterangan ini didapat dari Kepala Kesekretarian Presiden yang dilansir oleh kompas.com.

(Foto/Beritacas)
SHARE YA !!
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares
Ads Content
loading...

Komentarnya ?