Percaya Atau Tidak, Indonesia Krisis Lagu Anak-Anak

0
194
Gazebo Musik – Indonesia Sedang Krisis Lagu Anak-Anak

Jika kalian adalah orang yang lahir pada era 90an kebawah, maka kalian adalah pemuda yang memiliki keberuntungan. Kenapa ? karena pada masa itu kalian menikmati musik sesuai dengan masanya. Yah, lagu anak-anak masih sering dinyanyikan dan industri musik masih memproduksi lagu-lagu anak.

Umumnya kalian mendengar lagu itu ketika ulang tahun atau event sekolah. Lagu yang bernuansa ceria dan mengundang kreatifitas. Wajar saja kan jika kehidupan anak yang lahir di 90an atau dibawahnya terbilang polos. Seakan tanpa beban batin yang dijalani.

Salah satu alasannya adalah musisi yang dulunya mengisi dunia musik anak usianya masih anak-anak. Seperti yang terkenal, Bondan Prakoso, Joshua, Tina Toon dan Sherina. Namun seiring waktu mereka beranjak dewasa dan sudah saatnya berkreasi dimasanya sendiri.

Namun bukan salah mereka yang menyanyikan lagu-lagu kecil kita, melainkan regenarasilah yang seharusnya dipertahankan. Jika dikaitkan dengan penyanyi, tidak sedikir penyanyi diusia anak-anak. Namun genre dan lirik yang dibawakan mengandung nuansa dewasa.

Baca Juga  Lagu "Perro Fiel" Shakira Tarik Budaya Bali Indonesia

Beberapa waktu lalu, Iwan Fals, seorang musisi legendaris Indonesia akhirnya angkat bicara soal krisis lagu anak ini. Menurutnya untuk membangkitkan lagu anak, orang dewasa harus mengetahui karakter dan keinginan anak itu sendiri. Jangan sok tau, jika sebenarnya kita tidak tau ujar Musisi Legend ini kepada Kompas.com (9/3/2017).

Salah seorang pengamat musik Bens Leo, memandang dari sudut yang berbeda. Ia mengungkapkan bahwa media berperan penting dalam musik anak. Dilansir okezone.com ia menyebutkan selama ini pihak telivisi seakan menutup diri. Meskipun kompetisi musik anak senantiasa hadir, tapi yang mereka nyanyikan dan diviralkan adalah musik dewasa. Wajar jika lagu anak kian menghilang.

Bukan hanya berpangku tangan, tapi mantan penyanyi lagu anak akhirnya turut mendemonstrasikan krisis ini lewat karyanya. Diantara yang ikut dalam project #savelaguanak ini Tri Kwek-Kwek, Joshua, Ria Enes, Tina Toon dan lainnya. Single yang berjudul selamatkan lagu anak ini diciptakan oleh Papa T Bob, yang merupakan pecipta lagu anak era 90an.

Mereka juga mengharapkan lagu yang dirilis april tahun lalu ini bisa menjadi kampanye penyelamatan generasi lewat musik. Dan project ini bukan lah perihal komersil saja melainkan salah satu konstribusi mereka untuk memenuhi kebutuhan anak yang pernah mereka alami dahulu.

Baca Juga  Album Baru Young Lex Akan Rilis Tahun Ini

SHARE YA !!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ads Content
loading...

Komentarnya ?