Mengintip Suasana Halden, Penjara Elit Di Norwegia

0
68
Penjara Halden Norwegia
Gazebo Fact – Mengintip Suasana Halden Penjara Elit Dari Norwegia

Penjara merupakan tempat yang dihindari oleh kebanyakan orang. Salah satu alasannya adalah karena kehidupan yang tidak layak di penjara. Seolah olah penjara merupakan neraka dunia. Belum lagi membayangkan penjaga dan penghuni lainnya yang kejam. Selain itu, orang-orang yang dipenjara juga dianggap sebagai penyakit masyarakat.

Namun stigma bahwa penjara itu menyeramkan tidak berlaku bagi penjara bernama Halden. Penjara mewah ini malah kebalikan dari penjara pada umumnya. Ia memperlakukan para narapidana layaknya seperti tamu hotel.

Meski begitu, para napi tetap tidak diperbolehkan menginjakkan kaki diluar penjara. Hingga kini, penjara yang berlokasi di Norwegia ini dijuluki sebagai penjara paling manusiawi di Dunia.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat Penjara elit Halden ini :

Tampilan Penjara

Perancang penjara Halden menghabiskan dana sekitar 1 Juta US Dollar atau Sekitar Rp 13 M untuk menambahkan dekorasi di Penjara Tersebut Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban psikologi para nara pidana.

Penjara Halden Norwegia
(Foto Via Kaskus)

Ketika masuk di penjara ini, napi sudah disambut dengan berbagai lukisan yang unik. Bukan sekedar hiasan semata, lukisan-lukisan tersebut memiliki banyak makna filosofis. Termasuk untuk berbahagia dari segala permasalahan yang ada.

Baca Juga  7 Fakta Tentang Mesin ATM Pada Zaman Dahulu Hingga Sekarang
Kamar Para Narapidana

Hukuman penjara maksimum yang berlaku di Norwegia adalah 21 tahun. Hal ini akan memungkinkan semua napi akan keluar bebas kembali dan berhubungan dengan masyarakat. Oleh karena itu, selama di penjara, mereka ditempatkan dengan suasana yang sama persis dengan kehidupan masyarakat.

kamar penjara Halden Norwegia
(Foto Via bbci.co.uk)

Bahkan sel-selnya pun sama dengan kamar kos mewah. Serta dilengkapi berbagai fasilitas yang lebih dari layak. Seperti kulkas mini, tv datar dan kasur yang nyaman. termasuk juga kamar mandi yang cukup nyaman.

Sipir Yang Ramah

Berbeda sekali dengan penjaga tahanan dinegara-negara lain yang petugas tahanannya terkesan mengerikan. Di Penjara Halden, Petugasnya dididik selama 2 tahun di akademi khusus. Salah satu pendidikan yang berpengaruh adalah mereka diwajibkan untuk memberikan motivasi kepada narapidana. Tujuannya agar para narapidana dapat menyadari kesalahannya dan berbenah diri.

Sipir dan Tahanan Halden
(Foto Via Squarespace)

Bukan hanya itu, petugas pun kadang terlihat begitu akrab dengan para napi. seperti makan hingga bermain bersama. Kebanyak petugas sipir disini adalah perempuan. Karena dianggap dapat meluluhkan sisi negatif narapidana.

Baca Juga  Disebut Mahal Dari Emas, Ini Fakta Tentang Racun Kalajengking
Fasilitas Layaknya Kantor Mewah

Setiap 10 sel memiliki dapur dan ruang tamu bersama. Ini diberikan untuk napi untuk beristirahat. Bahkan jendelanya pun tidak dipasangi besi. Mereka para napi dapat beraktivitas sesuai hobi dan kegiatan postif lain mereka diruangan tersebut dari pukul 8 pagi hingga pukul 8 malam.

Fasilitas Penjara Halden
(Foto Via Fusion.net)

Pastinya para penghuni Halden tidak akan merasa bosan. Karena fasilitas disini begitu lengkap seperti lapangan basket, ruang band, jalur joging dan beberapa fasilitas lainnya. Hal ini diberikan agar para penguni Halden dapat menjalin hubungan baik dengan penghuni lainnya.

Layanan Kesehatan

Tidak bebas seperti masyarakat diluar, para narapidan pastinya akan mendapatkan layanan kesehatan. Namun di penjara ini mereka disediakan layanan kesehatan gratis disertai dokter dan perawat.

Layanan kesehatan halden norwegia
(Foto Via Boombastis)
SHARE YA !!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ads Content
loading...

Komentarnya ?