Mengenang Perjalanan Musik Yon Koeswoyo Bersama Koes Plus

0
119
Gazebo Sosok – Mengenang Perjalanan Karir Musik Yon Koeswoyo Bersama Koes Plus

Blantika musik Indonesia kembali berduka setelah kepergian musisi legendaris. Yon Koeswoyo dikabarkan meninggal dunia pada Jumat, 5 Januari 2018. Koes Plus salah satu band yang melegenda pada tahun 60-80an merupakan buah kenangan dari Yon Koeswoyo.

Yon Koeswoyo membentuk sebuah grup musik bersama saudaranya pada tahun 1958. Grup yang bernama Kus Brothers ini terinspirasi dari Everly Brother. Salah satu grup musik ternama asal Amerika.

Kus Bersaudara
Kus Bersaudara (Foto Via Youtube)

Kala itu, Kus Brother di isi oleh Yon Koeswoyo sebagai gitar dan vokalis, Yok Koeswoyo juga vokalis sekaligus bassis. Kemudian upright bass dipegang oleh John Koeswoyo dan gitar juga dipegang oleh Tonny Koeswoyo. Posisi drum, ditabuh oleh Nomo Koeswoyo.

Pada tahun 1962, Kus Brother mulai merekam album pertamanya. Namun setelah kepergian John Koeswoyo, Yon dan saudara mengganti nama grup mereka menjadi “Kus Bersaudara”. Dengan nama baru, pelantun andaikan kau datang ini memulai kesuksesannya di industri musik Indonesia.

Baca Juga  Naufal Si Penemu Listrik Dari Pohon Kedondong

Perjalanan bermusik Kus Bersaudara mengalami kendala awal kesuksesannya. Dianggap meracuni generasi muda, lagu The Beatles mengantar mereka ke penjara Glodok tahun 1965. Mereka juga terlalu kebarat-baratan yang dikabarkan tidak sesuai dengan ritme rezim saat itu.

4 bersaudara ini kembali berkarya setelah dibebaskan sehari sebelum peristiwa G30S PKI September tahun 1965. Sebelum berubah nama, internal band mengalami konflik personil yang bongkar pasang. Salah satunya dengan niatan untuk memasukkan personil yang bukan dari keluarga Koeswoyo.

Pada akhirnya Kus Bersaudara resmi berganti nama menjadi Koes Plus dengan formasi baru. Masuknya Murry dan Totok AR juga menjadi kisah perjalanan karis ke-2 Yon Koeswoyo dan saudaranya.

Yon Koeswoyo
(Foto Via Tribunnews)

Beberapa musik mereka menjadi puncak musik Indonesia, seperti manis dan sayang, cintamu. Tercatat pada tahun 1974, Koes Plus mampu merilis 24 album. Ini merupakan tahun kesuksesan manis Yon Koeswoyo bersama Koes Plusnya.

Sempat vakum ditahun 1980, namun pada tahun 1993, Koes Plus kembali tampil menjadi calon legenda musik. Meski terjadi bongkar pasang personil, seperti mundurnya Deddy Dores dan masuknya Jack Kasbie serta Andolin Sibuea. Yon Koeswoyo, menjadi keluarga Koeswoyo yang tersisa di Koes Plus.

Baca Juga  Membaca Buku Atau Jadi Penulis Dengan Mudah Di Aplikasi Bookslife

Sempat pula membentuk Koes Plus versi Milenial dengan menarik pemain muda untuk bergabung. Desember tahun 2016 di Balai Sarbini menjadi konser terakhir Koes Plus yang besar.

SHARE YA !!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ads Content
loading...

Komentarnya ?