Kementerian Pariwisata Launching Promosi Wisata Terpadu Cross Border Di Batam

0
275
Gazebo Nasional – Kementerian Pariwisata Launching PWI terpadu cross border untuk wilayah Kepulauan Riau

I Gede Pitana selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata mengungkapkan bahwa Kemenpar semakin serius meningkatkan pemasaran wisata dengan target lintas batas (cross border). Salah satunya adalah dengan launching PWI Terpadu Cross Border Batam Bintan pada 18 Agustus 2017 di Batam View Beach dan Resort.

Seperti dilansir oleh viva.co.id, I Gede Pitana menyebutkan bahwa Lounching Terpadu ini merupakan pengembangan tourism wilayah asia khususnya Malaysia Singapura ke Batam dan Bintan. Terkait program promosi ini Kementerian Pariwisata telah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kepulauan Riau, industri aksebelitas dan industri pariwisata Batam, Bintan, Malaysia dan Singapura. Sebelumnya pihak Kemenpar telah berkoordinasi dengan pihak hotel, penyeberangan, agent perjalanan, pusat perbelanjaan dan usaha penunjang wisata lainnya.

(Foto/Tribunnews)

Bentuk promosi paket wisata ada 161 paket yang akan ditawarkan kepada wisatawan mancanegara. Harga paket dimulai dari harga $ 20 Singapura yang setara dengan Rp 190 ribu. Sedangkan mata uang Malaysia paket dimulai dari RM 134 atau sekitar Rp 442 ribu. Dimulai dengan harga segitu, wisatawan sudah bisa mengeksplor wilayah Batam dengan round trip dan termasuk biaya terminal fee. Biaya wisata yang segitu sudah sangat menarik bagi wisatawan mancanegara diwilayah ASEAN untuk berwisata ke Indonesia khususnya wilayah cross border Batam Bintan.

Baca Juga  2 Fakta Dari Isu Tentang Najwa Shihab
(Foto/Kompasiana)

Mengutip dari beberapa media lokal, Rizki Handayani Mustafa selaku Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara menyampaikan bahwa launching ini juga didukung oleh industri pariwisata di Kepulauan Riau seperti Ferry Operator misalnya Batam Fast, Citra Ferry, Bintan Ferry dan Majestic Ferry. Bentuk dukungan tersebut diantaranya memberikan harga spesial untuk wisatawan asing yang akan berwisata di Batam, Tanjung Pinang, Bintan dan Sekitarnya.

Berdasarkan catatan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pariwisata, pada Januari hingga Juni 2017 Kepulauan Riau sudah didatangi 1.011.908 jiwa sebagai wisatawan mancanegara. Peningkatan ini terlihat pada bulan Juni yang mengalami kenaikan 15% dari bulan-bulan sebelumnya. Hasil riset ini menjadi landasan pihak Kemenpar untuk menumbuhkan wisata di Kepri khususnya Batam dan Bintan. Selain itu, destinasi wisata kepri berada pada 3 destinasi top dengan persentase 16%. Kalah dari Bali 43% dan kalah dari Jakarta 19%.

(Foto/Sidomi)

Menteri Pariwisata Arief Yahya menganggap ini sebagai jurus ampuh untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. Ia berharap dengan pengelolaan dan pelaksanaan yang baik, pertumbuhan wisata di Batam Bintan bisa meningkat 3x lipat. Targetnya saat ini untuk dapat menjaring 100.000 wisatawan dari negara tetangga.

Baca Juga  Kota Bandung Selenggarakan Program Gebyar Pendidikan Masyarakat

Pada acara launching ini akan dihadiri 150 peserta dengan 40 tamu undangan yang berasal dari Pers, Wholesaler, Agent Travel, Pemda Kepri, dan lainnya yang berhubungan dengan konsep promosi wisata ini. Termasuk akan dihadiri oleh perwakilan Kedutaan dari negara tetangga.

SHARE YA !!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ads Content
loading...

Komentarnya ?