Merasa Kreatif ? Kalian Harus Gabung Di Gerakan Nasional Pemuda Kreatif

0
235
Gazebo Kreatif – Gerakan Nasional Pemuda Kreatif (GNPK) Wadah Para Generasi Kreatif

Perkembangan zaman yang cepat tidak semestinya membuat generasi penerus bangsa harus luluh dan manja dengan teknologi. Seharusnya perkembangan globalisasi ini lah yang dimanfaatkan untuk berkarya. Apalagi ketatnya kompetisi yang kini bukan lagi antar usia dan wilayah melainkan hingga antar negara alisan masuk ke kompetisi kancah dunia.

Namun tak bisa dipungkiri, bahwa generasi Indonesia hanyak mampu bertekuk lutut dan konsumtif saja. Banyak gagasan, inovasi, dan kreasi yang bermunculan saat ini. Dari mulai yang bersifat penemuan baru pengganti (reduce) hingga pemanfaatan daur ulang (recycle).

Bukan rahasia pula, bahwa banyak kompetisi yang mulai menargetkan generasi kreatif. Selain menyeleksi inovasi terbaik, beberapa vendor juga memberikan modal usaha yang tergolong besar seperti yang dilakukan oleh toyota dalam kompetisi Toyota Berani Coba dan masih banyak lagi.

Banyaknya bermunculan ventures atau investor yang siap memback up lantas tak membuat pemerintah hanya melihat saja. Malalui Kementrian Pemuda dan Olahraga, ternyata pemerintah juga turut andil mewadahi pergerakan kreatif generasi.

Baca Juga  Untuk Sambilan, Coba 5 Bisnis Anak Kuliah Modal Kecil

Salah satu tindakan nyata pemerintah adalah melalui Gerakan Nasional Pemuda Kreatif yang selanjutnya disingkat GNPK. Wadah yang disupervisi oleh Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas, Deputi Pemberdayaan Pemuda, Maka Kemenpora sangat serius melakukan pemberdayaan.

(Foto/GNPK Online)

Mengutip dari situs resminya, GNPK secara tekstual adalah gerakan melangkah bersama ke depan bagi para “pemuda kreatif” melalui jejaring (networking) strategik di seluruh wilayah Indonesia untuk membangun kemandirian dan daya saing.

Sasaran dari GNPK dalam jangka pendek adalah untuk membangun media komunikasi dan  jejaring pemuda kreatif di wilayah NKRI untuk menjadi ujung tombak suksesnya GNPK. Sedangkan jangka panjang GNPK adalah untuk melembaga serta mampu  mewujudkan pemuda kreatif  yang berkapasitas, mandiri dan berdaya saing, sehingga dapat berperan aktif dalam  pembangunan nasional.

Banyak kategori produk kreatif yang kita temui dari penjaringan GNPK ini, seperti dibidang fashion, grafika, kuliner, perfilman, IT, hingga kuliner. Tentunya jika kalian adalah salah satu dari pemuda kreatif, maka kalian dapat join atau bergabung di GNPK melalui situs gnpk.online. Kalian juga bisa mendaftarkan karya atau hasil inovasi kalian di wadah milik Kemenpora ini.

Baca Juga  Asal Usul Telolet #demamtelolet
Agenda GNPK tahun 2016 (Foto/GNPK Online)

Dari tinjauan kami, Gerakan Nasional Pemuda Kreatif masih belum seefektif yang diharapkan. Namun pada tahun 2016 lalu pernah melakukan beberapa agenda seperti pemilihan duta pemuda kreatif 2016, expo karya kreatif dan lain-lain. Meski begitu, menurut hemat kami GNPK masih seperti bergerak secara tahunan atau dalam bentuk tahun anggaran.

Tidak perlu khawatir, Pihak Pemerintah RI melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah memberikan stimulus, jadi sebaiknya kita juga harus bergerak memberikan apresiasi dalam bentuk ide kreatif dan menjalan sistem GNPK ini.

Perlu kalian ketahui bahwa GNPK kembali membuka pendaftaran Duta Pemuda Kreatif Tahun 2017. Nah bagaimana dengan kalian ? sudah ada planning yang akan di kembangkan ? Segera ikutan daftar menjadi bagian dari pemuda kreatif dan generasi yang produktif. Untuk melihat prosedurnya silahkan klik gambar dibawah ini ya !

(Foto/GNPK Online)
SHARE YA !!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ads Content
loading...

Komentarnya ?