AM Fatwa Meninggal, Perginya Sosok Anti Kezaliman

0
152
AM Fatwa Meninggal
Gazebo SosokAM Fatwa Meninggal, Perginya Sosok Anti Kezaliman

Indonesia kini sedang berkabung, AM Fatwa meninggal dunia pada pukul 06.25 WIB Kamis, 14 Desember 2017. Beliau tutup usia pada usia yang ke 78 tahun di RS MMC, Jakarta Selatan.

Siapakah AM Fatwa ? Mari mengenal sekilas tentang beliau !
Nama lengkap Andi Mappetahang Fatwa merupakan salah satu politikus sekaligus orang yang memiliki pengaruh dalam perjalan pembangunan Indonesia. Sosok yang kerap di sapa AM Fatwa ini pernah menjabat sebagai DPD RI dapil Provinsi DKI Jakarta.

Tokoh kelahiran Bone, 12 Februari 1939 ini termasuk dari keturunan Kerajaan Bone. Beliau juga terkenal dengan kritis dan sempat menjadi orang yang ikut melawan rezim otoriter pada masa orde baru dan orde lama. Jadi namanya bukan hanya mencuat pada situasi memanas beberapa waktu lalu. Melainkan sejak muda ia juga sering mendapat teror bahkan dari aparat kedua rezim Indonesia. Bukan hal baru bagi beliau suasana jeruji besi.

AM Fatwa
(Foto Via Kompas)

AM Fatwa merupakan tokoh yang sangat berpendidikan. Beliau mendapat gelar sarjana muda (BA) di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta 1963 dan sarjana muda publisistik di Universitas Ibnu Khaldun tahun 1964. Selai itu, sosok ayah dari 5 anak ini juga pernah mengenyam S1 di Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan Universitas 17 Agustus pada tahun 1970.

Baca Juga  Adinda Saraswati, ABG Yang Kirim Surat Terbuka Untuk PM Malaysia

Bukan hanya pendidi formal, AM Fatwa juga sempat ikut latihan militer di Sedaspako KKO Angkatan Laut di Surabaya pada tahun 1979. Beliau juga ikut beberapa kursus penting, seperti kursus Staff dan Kepemimpinan Pegawai Pemda DKI serta Kursus Pelatihan Manajemen di LPPM Jakarta.

Dalam perjalanan karir, AM Fatwa merupakan tokoh yang sangat cemerlang. Diantara posisi strategis yang pernah di isi oleh mendiang adalag Staff khusus Menteri Agama (1996-1998), Wakil Ketua DPR RI (1999-2004), Wakil Ketua MPR RI (2004-2009), Anggota DPD RI selama 2 periode (2009/2014-2014/2019), beliau juga menjabat sebagai Ketua Badan kehormatan DPD RI (2012-2017).

AM Fatwa Meninggal
(Foto Via Merdeka)

AM Fatwa adalah salah satu tokoh Indonesia yang dikenal sebagai orang yang pro rakyat. Selalu memberikan kritik kepada pemerintah eksekutif yang menurutnya tidak menguntungkan kepentingan rakyat. Pada tahun 2009 beliau mendapat penghargaan Pejuang Anti Kezaliman dari Pemerintah Iran.

AM Fatwa dikabarkan meninggal dunia disebabkan oleh penyakit liver stadium 4. Jenazah beliau disholatkan di Mushala milik keluarganya dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan pada Pukul 15.00 WIB 14 Desember 2017.

SHARE YA !!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ads Content
loading...

Komentarnya ?