Disebut Mahal Dari Emas, Ini Fakta Tentang Racun Kalajengking

0
98
Gazebo Fact – Disebut Mahal Dari Emas, Ini Fakta Tentang Racun Kalajengking

Bermula dari pidato Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, yang mengemukakan bahwa racun kalajengking memiliki nilai yang lebih dibandingkan emas dan minyak. Seiring dengan tersebarnya pidato tersebut, banyak netizen yang bertanya tanya tentang kebenaran hal itu.

Pada dasarnya bukan tanpa alasan loh. Presiden RI Ke-7 itu sebenarnya mengungkapkan sedikit informasi. Memang di Amerika, kalajengking menjadi komoditi yang bernilai dan mampu bersaing dengan emas dan minyak. Bahkan bisa mencapai milyaran.

Dari pada diperdebatkan, yuk simak 2 fakta tentang racun kalajengking yang menjadi heboh karena disebut mahal itu.

1. Lebih Mahal Dari Logam Mulia

Umumnya, kalajengking menjadi salah satu hewan yang ditakuti oleh manusia. Namun siapa sangka kalau hewan yang tergolong berbahaya ini memiliki harga jual loh. Bayangkan saja, harga racun kalajengking diluar negeri bisa mencapai Rp 143 M/liternya.

Dibalik nominalnya yang tinggi ini, ternyata ada banyak manfaat yang bisa diambil loh dari racun kalajengking. Walau memang agak sedikit aneh bahwa racun ada manfaatnya.

Baca Juga  Main HP Ketika Berkendara, Apa Yang Terjadi Pada Wanita Ini ? Lihat Foto Ini

Seperti dilansir di wired.co.uk, racun atau bisa kalajengking dapat berguna dalam pengobatan kanker. Mengenai hal ini, Fred Hutchinson dari Washington University pernah melakukan penelitian bahwa untuk kedapannya, racun hewan bercapit ini bukan hanya sekedar berguna untuk perawatan kanker bahkan menjadi penyembuhan sel kanker.

Penelitian lain dari Maryland University juga menemukan hasil modifikasi jamur dalam racun kalajengking untuk penyembuhan pada sel malaria. Juga beberapa penemuan lain seperti menjadi bius dalam medis, penyembuhan penyakit tulang osteoartritis dan heumatoid arthritis.

2. Tantangan Dalam Budidaya Kalajengking

Sempat ditawarkan Presiden Jokowi sebagai peluang bisnis, namun budidaya kalajengking bukan lah hal yang mudah. Pertama adalah jumlah racun yang dihasilkan. Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa satu kalajengking hanya menghasilkan sekitar 0.000005 liter. Berarti butuh lebih kurang 200ribu ekor kalajengking untuk mendapatkan satu liternya saja. Selain itu juga bahaya yang mengancam juga perlu dikhawatirkan. Namun kini perkembangan teknologi mampu membantu menemukan sebuah robot. Robot ini berfungsi untuk proses memerah racun kalajengking dalam jumlah banyak.

Baca Juga  Sempat Keguguran, Seorang Ibu Di Alabama Melahirkan 6 Bayi Kembar
budidaya racun kalajengking
(Foto via viva)

Kedua, meski kebenaran tentang nilai jualnya yang mahal. Tapi tidak semua orang mengetahui pasar bisnis racun kalajengking ini. Yang umumnya diketahui hanya mahal di daerah Amerika. Tapi dimana menjual dan siapa yang akan membeli masih sangat minim diketahui.

SHARE YA !!
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
Ads Content
loading...

Komentarnya ?