Tradisi dan Kegiatan Selama Perayaan Imlek

0
316
Gazebo Lifestyle – Tradisi dan Kegiatan Perayaan Imlek Yang Memiliki Banyak Falsafah.

Perayaan Imlek adalah perayaan tahun baru dalam hitungan tahun masyarakat tiong hoa. Dalam istilah lain masyarakat menyebutnya dengan sebutan hari raya imlek bagi masyarakat tionghoa. Meski telah melalui perkembangan lebih dari 20 abad masih banyak tradisi yang dilakukan selama perayaan imlek. Tradisi ini menjadi ciri khas dan mengandung makna dalam perayaan imlek.

Berikut beberapa kegiatan dalam perayaan imlek yang masih banyak dilakukan dan diyakini memiliki manfaat menurut keyakinan masyarakat tionghoa.

  1. Membersihkan Rumah (shau chen)

Pada bulan terakhir dan tanggal 24 penanggalan cina adalah hari bagi masyarakat tionghoa membersihkan rumah. Umumnya orang-orang membersihkan debu, memperbaharui peralatan rumah dan kadang mengecat rumah agar tampil baru.

Tradisi membersihkan rumah ini sudah memang lama berlangsung, selain dianggap membuang kesialan dan harapan baru, membersihkan rumah juga bagus untuk kehidupan karena rumah lebih nyaman sebagai tempat hidup sehari-hari.

2. Menempel lukisan dan puisi tahun baru

Masyarakat tionghoa akan menempelkan kalimat sejenis puisi dengan kertas warna merah dan tulisan dengan warna emas yang biasanya ditempelkan pada sisi kanan dan kiri pintu. Kalimat berbentuk puisi ini bermakna harapan.

Baca Juga  6 Posisi Tidur Ini Gambarkan Karakter, Kalian Termasuk Yang Mana ?

Selain menempelkan puisi, dalam perayaan tahun baru imlek orang-orang yang merayakannya juga menempelkan lukisan tahun baru imlek dan harapan keberuntungan. Umumnya seperti gambar dewa rezeki, lukisan musim semi, lukisan panen dan sebagainya.

3. Membakar Petasan

Tradisi yang satu ini memang sangat identik dengan perayaan tahun baru imlek. Suara petasan dimana-mana. Petasan juga berkembang menjadi tradisi pribumi di Indonesia untuk merayakan acara-acara besar.

Selain untuk memeriahkan perayaan imlek, petasan dipercayai mengusir hal-hal buruk dari tahun sebelumnya dan mengharapkan nasib baik pada tahun yang baru. Meski telah banyak diadopsi oleh adat lain, petasan perayaan imlek berbeda dari petasan biasa sehingga terlihat ciri khasnya.

4. Tidak Tidur Pada Malam Imlek

Tradisi perayaan imlek yang juga serin dilakukan adalah tidak tidur pada malam perayaannya untuk menyambut tahun baru. Tradisi ini biasanya agenda yang disertai degan makan malam bersama keluarga dan kemudian bersuka ria hingga detik pergantian tahun.

Makna yang terkandung dalam tradisi ini adalah rasa syukur atas hidup yang masih berlanjut bagi mereka yang sudah lansia dan doa untuk orang tua agar panjang umur bagi mereka yang masih muda.

Baca Juga  7 Cara Ini Bantu Kamu Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur
5. Kunjungan Kerabat

Setelah pada malam harinya berkumpul dan makan bersama keluarga, masyarakat tionghoa bangun pagi hari dan umumnya menggunakan pakaian terbaik kemudian mengunjungi kerabat-kerabat mereka.

Saling mengunjungi dibarengi dengan doa dan harapan kepada kerabat-kerabat yang didatangi agar pada tahun yang baru menjadi lebih baik dan beruntung. Umumnya generasi yang muda mengunjungi yang lebih tua sebagai rasa hormat.

Demikian tadi sekilas kegiatan dalam perayaan imlek yang telah menjadi tradisi berabad abad dan tentunya memiliki makna tersendiri yang dipercayai oleh orang-orang yang merayakan imlek.

SHARE YA !!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ads Content
loading...

Komentarnya ?