Benarkah Uang Rupiah Baru Mirip Uang di Luar Negeri ?

0
529

Gazebo Opini – Uang Keluaran Terbaru Indonesia Mirip Uang Luar Negeri

Masyarakat Indonesia terlihat antusias dengan terbitnya tampilan baru uang rupiah. Bank Indonesia menerbitkan uang baru ini dengan perubahan desain dan pengamanan seksama mirip dengan uang yang beredar diluar negeri.

Salah satu orang yang menukarkan uang nya di BI keliling mengemukakan bahwa uang rupiah yang terbit 2016 ini bagus. kertasnya lebih licin dan tampilannya mirip uang diluar negeri. Memang secara seksama dilihat uang rupiah ini mirip sekali dengan uang negara-negara lain seperti cina dan eropa dan sebagainya.

Sebaian masyarakat juga menilai bahwa uang ini sangat indah dan menarik tampilannya, bahannya juga lebih baik dibandingkan uang yang beredar saat ini. bahkan mereka merasa sayang untuk melipat-lipat uang yang indah ini. Menurut meraka sebaiknya BI mensosialisasikan perawatan uang ini dikarenakan bahan yang berbeda, Penilaian ini juga di lansir oleh beberapa media nasional.

Meskipun terlihat sekilas dengan uang luar negeri, namun uang terbitan terbaru ini telah memiliki ciri khas Indonesia. Hal ini di sampaikan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri seperti yang dilansir oleh liputan6.com. Sosok yang disapa Roslan ini mengemukanan bahwa dalam uang Indonesia terbaru ini tersampaikan keberagaman adat istiadat dan budaya Indonesia. Kemudian pahlawan yang perlu kita hargai lewat uang garuda ini.

Baca Juga  Introspeksi di Hari Buku Nasional 2017

Kemiripan desain bukan alasan menjadikan uang terbaru ini sebuah kontroversi, setiap negara memiliki ciri khusus pada uangnya. Meskipun sekilas terlihat sama, namun banyak perbedaan yang mendasar pada mata uang Indonesia ini. Contohnya, mata uang Euro tidak menampilkan tokoh sebagai bentuk netralisasi perang.

Selain desain yang menuai tanggapan ini, ada perubahan yang signifikan pada terbitan BI tahun 2016. Terdapat  5 bentuk pengamanan yang ditingkatkan. Uang terbaru ini memiliki tingkat pengamanan 9 – 12 tipe keamanan disertai bahan kertas yang terbaik. Namun juga menyertakan blind code untuk penyandang tuna netra seperti halnya uang sebelum ini.

Uang Emisi 2016 ini memiliki 7 pecahan uang kertas dan 4 pecahan untuk koin. Pecahan kertas terdiri dari 100 ribu, 50 ribu, 20 ribu, 10 ribu, 5 ribu, 2 ribu dan seribu. Sedangkan koin terdiri dari seribu, 500 rupiah, 200 rupiah dan seratus rupiah

(Foto/Info Perbankan)

Berikut tampilan uang terbaru Indonesia yang telah resmi di terbitkan oleh BI dan di sahkan Presiden RI Joko Widodo pada 19 Desember 2016.

Baca Juga  Pak Ahok Jadi Trending Youtube, Mendadak Youtuber ?

Menurut pandangan kita lebih mirip uang-uangan di MONOPOLI. Nah bagaiimana menurut kalian??

SHARE YA !!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ads Content
loading...

Komentarnya ?