Apa Kalian Termasuk 5 Profesi Berjiwa RA Kartini Modern

0
427
Gazebo Kreatif – Profesi Yang Melanjutkan Perjuangan RA Kartini

Pada tanggal 21 April, Indonesia memperingati Hari Kartini sebagai hari dari salah satu pahlawan nasional. Tanggal tersebut merupakan hari kelahiran dari RA Kartini sehingga bertepatan tanggal tersebut dijadikan sebagai hari untuk memperingati perjuanggannya.

RA Kartini merupakan salah satu Pahlawan Nasional yang lahir di Jepara, Jawa Tengah pada tahun 1879 dan meninggal pada 17 September 1904 di Rembang, Jawa Tengah. Sosok yang tepatnya disebut Raden Ayu Kartini ini adalah tokoh pelopor kebangkitan perempuan pribumi pada masa penjajahan. Saat ini dikenal dengan penggerak gender atau kesetaraan perempuan. Banyak karya Kartini yangi telah di terbitkan dalam bentuk buku. Salah satu yang terkenal adalah “Habis Gelap Terbitlah Terang” yang merupakan kumpulan surat-surat beliau.

Sepeninggalnya beliau, perjuangan dan teladan tersebut masih terus berlanjut hingga di era modern. Berikut 5 profesi berjiwa RA Kartini :

1. Volunteer

Profesi yang pertama ini sangat mewakili jiwa RA Kartini. Meskipun beliau merupakan keturunan bangsawan dan terpandang, tapi beliau tidak memandang rendah orang lain. Kartini sering membantu hingga memperjuangkan hak orang lain tanpa meminta balasan. Sikap suka rela ini terbayar dengan kemajuan dan perkembangan dimasa sekarang.

Baca Juga  Desain Kamar Kost Hits Yang Unik
foto : careerbuileder.ca

Begitu pula dengan volunteer yang harus hidup di wilayah pedalaman untuk membantu dan memberikan sesuatu yang bermakna untuk masyarakatnya tanpa harus dibayar. Tujuan mereka sama dengan tujuan Kartini yaitu untuk mengembangkan dan memajukan rakyat terbakang agar mereka mendatkan hidup yang layak.

2. Guru / Tenaga Pengajar

Salah satu perjuangan RA Kartini sebagai pelopor kesetaraan gender adalah melalui pendidikan. Beliau memiliki pandangan bahwa perempuan bisa bangkit dan sukses melalui pendidikan yang layak.

Foto : gpt.kemendikbud.go.id

Profesi guru atau tenaga pengajar telah meneruskan perjuangan seorang kartini. Meski mendapatkan gaji dan tunjangan, seorang guru mewakili jiwa Kartini dengan memberikan didikan.

3. Penulis atau Blogger

Kehidupan RA Kartini yang sangat dikenal masyarakat adalah hobi menulis dan memberikan informasi kepada orang lain. Terbukti karya tulis Kartini tersohor di dunia. Profesi yang juga berjiwa kartini adalah penulis. Termasuk blogger yang kerap menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Foto : Gurusenpai.com

Menariknya penulis atau blogger merangkum 2 hobi sang Kartini yaitu menulis dan membaca. Seorang writer tentu memiliki banyak pandangan dan informasi. Tentunya mereka lebih banyak membaca dari sumber apa saja.

Baca Juga  Hal Positif Dari Perayaan Malam Tahun Baru
4. Profesi Dengan Pemikiran Terbuka

RA Kartini merupakan sosok yang memiliki pemikiran terbuka. Belajar dari perempuan-perempuan sukses di eropa ternyata membuka cara pandang RA Kartin. Profesi yang cocok dengan jiwa RA Kartini yang satu ini adalah wartawan, ilmuwan, seniman, pengacara atau jaksa. Profesi ini mengedepankan cara berfikir terbuka, melihat suatu dari segala sisi termasuk dari arah yang berlawanan. Mereka mampu mengekspresikan hal tersebut dan berpengaruh bagi banyak orang.

5. Ahli Bahasa

Ibu kita kartini pernah sekolah di Europese Lagere School – ELS. Disekolah ini ia telah belajar berbagai bahasa termasuk belanda. Kemampuan bahasa ini dimanfaatkan untuk berkirim surat kepada temannya di Eropa. Hal ini terus berlanjut meskipun beliau telah dipingit dan berhenti belajar di sekolah. Pekerjaan yang cocok dengan jiwa dan kemampuan kartini ini adalah translator atau interpreter.

Foto : Teraside.com

Berikut tadi profesi yang melanjutkan perjuangan Kartini berdasarkan kemampuan dan sikapnya. Apakah kalian termasuk berprofesi kartini modern atau bercita-cita berprofesi tersebut.

SHARE YA !!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ads Content
loading...

Komentarnya ?