Peringati Hari Pahlawan, Mahasiswa PMII UIN Malang Lakukan Aksi Jalan Mundur

0
199
Gazebo Event – Aksi Jalan Mundur PMII UIN Malang Untuk Peringati Hari Pahlawan

Peringatan Hari Pahlawan pada tanggal 10 November dapat dimaknai sebagai hari kebangkitan. Bukan sekadar euforia hari besar nasional, melainkan sebuah substansi perjuangan yang harus disematkan dalam upaya membangun Indonesia yang lebih baik.

Hari Pahlawan hakikatnya merupakan  megaproyek Bung Karno agar bangsa Indonesia sampai kapan pun selalu ingat sejarah perjuangan bangsanya khususnya para pahlawan. Menurut sang proklamator, bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri. Menghargai semua jerih payah perjuangan.

Dari hal inilah, peringatan Hari Pahlawan tidak bisa hanya dengan euforia kegiatan besar, tetapi minim substansi perjuangan kebangsaan. Hari Pahlawan adalah hari kebangkitan bangsa Indonesia dalam rangka melanjutkan cita-cita kemerdekaan.

Di era millennium ini, mahasiswa merupakan bagian dari eksekutor haruslah memiliki rasa kepekaan terhadap fenomena sosial yang terjadi sehingga dapat mengkritisi serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang timbul di masyarakat. Mahasiswa selayaknya inovatif dalam berkarya, seperti pada bidang industri ekonomi kreatif, yang mana berkontribusi besar dalam pembangunan bangsa ini. Selain itu, Mahasiswa sebagai agent of change, diharapkan menjadi pionir dalam bidang pendidikan.

Baca Juga  Kemegahan Komodo Festival 2018

Oleh sebab itu, jangan kemudian karena Indonesia sudah merdeka dari jajahan bangsa asing kita berdiam diri. Perjuangan kebangsaan sampai kapan pun tidak pernah selesai. Peringatan Hari Pahlawan harusnya menyadarkan kita agar berjuang dan memantapkan langkah mereka yang selama ini sudah berjuang agar bekerja lebih keras lagi dalam membangun Indonesia yang lebih baik. Semoga saja peringatan Hari Pahlawan yang ke-72 ini tidak hampa makna perubahan!

Hari Pahlawan tanggal 10 Nopember 2017, di Kota Malang diperingati oleh sejumlah Mahasiswa PMII Komisariat Sunan Ampel Malang dengan peringatan Aksi Damai. Titik kumpul dan persiapan aksi damai berlokasi di depan Gerbang Selatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Persiapan ini dilakukan pada pukul 13.30 WIB, beserta pengawalan dari Polresta Malang. Setelah itu, pemberangkatan dan penataan barisan aksi. Ketika pemberangkatan, LSO Teater Larva membawakan aksi teatrikal Hari Pahlawan.

Dalam aksi damai ini, terdapat pos – pos titik aksi dilakukan. Dalam perjalanan menuju pos 1 (Lantas ITN), dilakukan orasi, aksi teatrikal serta menyanyikan lagu – lagu nasional. Peserta aksi,berjalan mundur menuju Taman Makam Pahlawan Jl. Veteran – Malang. Aksi Jalan mundur ini, diiringi dengan adanya teatrikal. Setibanya peserta aksi pada pos 2 (Selatan TMP), peserta menyampaikan orasi, menyanyikan lagu gugur bunga dan membacakan puisi berkenaan dengan hari pahlawan. Puncak dari serangkaian aksi damai yang telah dilakukan adalah pembacaan doa bersama di TMP serta mengheningkan cipta.

Baca Juga  Malang Coffee Festival 2017 Sukses Ciptakan Persatuan Lewat "Bersatu Kita Ngopi"

 

Penulis : Jau – Jurnalistik Rayon Radikal Al-Faruq – PMII Sunan Ampel Malang

SHARE YA !!
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
Ads Content
loading...

Komentarnya ?