7 Situs Web Untuk Mencari Referensi Ilmiah Indonesia dan Internasional

0
178
Gazebo Kreatif – 7 situs web referensi karya ilmiah Indonesia dan Jurnal Internasional

Referensi merupakan bahan yang paling bermanfaat bagi seorang akademisi. misalnya mahasiswa untuk karya ilmiah skripsi, tesis atau disertasi, penelitian untuk dosen dan jurnal ilmiah untuk para praktisisi. Sebagian besar dari mereka mencari bahan di internet lewar situs web referensi.

Untuk memenuhi semua tuntutan ilmiah, mencari di internel via search google, wikipedia tidak bisa sepenuhnya diandalkan. Seharusnya sumber bahan harus memiliki kredibelitas untuk dipertanggung jawabkan. Oleh karena itu, gazebo.id akan berbagi website referensi jurnal Indonesia dan jurnal Internasional,

Berdasarkan informasi dari LIPI, berikut 7 situs web referensi karya ilmiah yang terpercaya

ISJD – INDONESIAN SCIENTIFIC JOURNAL DATABASE

Jurnal-jurnal ilmiah memiliki pangkalan atau tempat bersemayam. Kalian dapat menemukannya di situs ISJD. Situs ini memiliki sekitar 220 ribu jurnal dan artikel. Semua isinya diunggah oleh LIPI (Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah).

Situs Web ISJD
(Foto Via JATP.IFT)

Untuk menggunakannya tidak terlalu sulit, kalian hanya memasukkan kata kunci atau keyword di kolom pencarian jurnal. Maka akan muncul katalog sesuai kata kunci yang kalian cari. Untuk mendapatkan versi lengkapnya, kalian kirimkan email ke [email protected] Nah semuanya di gratiskan untuk mahasiswa.

Baca Juga  Belajar Keanekaragaman Hayati Lewat Gerakan 1 Siswa 1 Lele
SPRINGER LINK

Jika kalian memerlukan jurnal internasional sebagai referensi, maka situs Springer Link bisa jadi tujuan kalian. Seperti pada umumnya, jurnal internasional tidak banyak yang gratis. Sama halnya dengan Springer Link, kalian harus menjadi pelanggan terlebih dahulu.

Situs Web Spriner Link
(Foto Via ISTL)
EBSCO

Buat kalian yang sedang menempuh study dibidang eksak, tidak perlu lagi bingung mencari referensi ilmiah. Ebsco memilikianyak bahan ilmiah yang menarik seperti bidang kesehatan, militer dan sebagainya. Pada dasarnya untuk mengakses Ebsco kalian perlu mendaftarkan diri menjagi pelanggan. Namun pihak Perpustakaan nasional akan memberikan akses gratis. Kalian hanya tinggal menghubungi tim perpusnas.

Situs Web EBSCO
(Foto Via mnscu.edu)
JSTOR

Buku dan jurnal-jurnal Internasional banyak sekali terkumpul di JSTOR. Kalian tidak perlu ngeluarin modal, cukup menghubungi pihak LIPI untuk mendapkan akses jurnal dan data-data valid.

KATALOG PDII LIPI

Untuk di Indonesia, LIPI memiiliki katag yang mengoleksi banyak literatur. Katalog miliki PDII LIPI bisa diakses secara online. Banyak bahan-bahan ilmiah yang bisa kalian cari disinidari laporan penelitian, hingga disertasi. Kalian juga dapat datang untuk berkunjung dan mencari referensi sekaligus minta dibantuin sama pihak LIPI di alamatnya Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 10 Jakarta.

Baca Juga  Kisah Ruth Purba, Pembawa Baki Bendera Pusaka Upacara Penurunan
Situs Web Katalog PDII LIPI
(Foto Via Hipwee)
SCIENCE DIRECT

Kalau yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi para peneliti dan khususnya bagi akademisi. Bahkan dijadikan tempat menggali referensi oleh para peneliti profesional. Namun, kalian harus mengeluarkan sedikit modal untuk mengakses ribuan karya ilmiah di Science Direct. Tapi tidak perlu khawatir, pihak PDII LIPI memiliki akses sekitar 3.800 jurnal dan sekitar 35ribu buku. Jadi kalian bisa menghubungi pihak PDII LIPI untuk mendapatkan aksesnya.

Situs Web Science Direct
(Foto Via Blog Science Direct)
KATALOG PERPUSNAS RI

Mengikuti perkembangan zaman, perpustakaan nasional Republik Indonesia kini menyediakan katalog online. Karena merupakan perpustakaan pusat, maka Perpusnas tidak ketinggalan karya-karya terbaru. kalian hanya tinggal mencari secara online ribuan referensi. Bahkan perpusnas telah berlangganan literatur internasional secara online untuk memenuhi kebutuhan pengunjungnya.

Situs Web Katalog Online Perpusnas RI
(Foto Via Pustakapedia)

Nah berikut tadi 7 situs web tempat mencari referensi karya ilmiah Indonesia dan Internasional.

SHARE YA !!
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
Ads Content
loading...

Komentarnya ?