6 Fakta Dari Ransomeware WannaCry Yang Harus Kalian Ketahui

0
318
Gazebo Hot – 6 Fakta Ransomeware WannaCry Yang Bikin Heboh Dunia

Beberapa hari ini kita sering melihat berita tentang ransomeware yang disebut dengan WannaCry. Termasuk pula tindakan resmi dari Kementrerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang menyebarkan pengumuman kepada pengguna laptop/PC tentang mengatasi serangan ini. Himbauan Kemenkominfo ini terbit pertama pada 14 Mei 2017 yang berisikan antisipasi malware. Keesokan harinya 15 Mei, Kemenkominfo pun menyebarkan maklumat ajakan bertindak terhadap kasus ini. Bahkan membuka kanal tanya jawab.

Ransomeware WannaCry ini telah menyerang beberapa lembaga yang ada di Indonesia. Nah kalian harus mengetahui 6 fakta Ransomeware WannaCry agar dapat menghindar dan mengantisipasi.

1. Menyerang Ke Hampir Seluruh Negara di Dunia

Bukan hanya di Indonesia, Ransomeware menyerang ke beberapa negara di Dunia. Tercatat saat ini 100 negara yang diserang oleh malware berjulukan WannaCry seperti yang dilansir oleh Routers. Sedangkan Amerika telah mendapat 45.000 serangan, terhitung dari hari Jumat, 12 Mei 2017.

(Foto/Wikimedia)

Di Inggris, perusahaan logistik FedEx menjadi korban. Termasuk juga dinas kesehatan Inggris yang mengakibatkan terhentinya aktivitas beberapa rumah sakit. Sedangkan di Indonesia, Rumah Sakit Harapan Kita dan Dharmais dikabarkan tidak dapat mengakses jaringannya. Sasarannya adalah sistem penomoran antrian dengan layar terkunci.

Baca Juga  Kata BFF Untuk Cek Keamanan Akun Facebook, Ternyata Ini Faktanya
2. Meminta Tebusan Jumlah Besar

Nah, sistem yang terserang Ransomeware WannaCry ini dapat kembali dengan membayar tebusan. Peretas meminta sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin atau uang digital. Kabarnya peretas meminta tebusan sebesar 300 dollar AS atau setara dengan 4 Juta Rupiah.

(Foto/Newsth)
3. Menyebar Dengan Cepat

Malware WannaCry ini tersebar dengan sangat mudah. Kabarnya serangan ini disebarkan dengan cara peretas mengirimkan e-mail kepada calon korban yang didalamnya tersemat link ransomeware. Teknik ini disebut juga dengan phising. Perlu diketahui bahwa link tersebut sanngat mengelabui korban. Jika di klik maka secara otomatis virus jahat ini menyebar khususnya mengenkrip folder dan file.

(foto/Lifetekno)

Bencana besarnya adalah jika satu perangkat mengklik dalam sebuah jaringan perusahaan. Ransomeware ini akan menyebar ke perangkat lainnya yang terhubung dalam jaringan tesebut. Hal ini lah yang membuat pergerakan ramsomeware WannaCry ini bergerak secara masif dan cepat.

4. Pernah Terjadi Sebelumnya

Serangan berjuluk WannaCry ini bukanlah hal yang pertama terjadi di dunia internet dan teknologi. Ransomeware serupa juga pernah terjadi pada tahun 2010. Korban terbanyak berasal dari Rusia. Namun peretas meminta tebusan via sms premium. Juga pada pertengahan tahun 2000. pernah ada malware bernama GPcode.

(Foto/Ijurnal)

Begitu pula pada tahun 1989, serangan yang sempat menghebohkan masyarakat dunia pada masa itu. Serangan ini dikenal dengan AIDS Trojan. Cara kerjanya sama dengan Wanna Cry yaitu dengan menyandera data

Baca Juga  Asal Usul Telolet #demamtelolet
5. Hanya Menyerang Beberapa OS

Beberapa media teknologi yang dikutip menyebutkan bahwa tidak semua OS (Operation System) yang dapat diserang WannaCry. Namun diantaranya yang rentan terkena serangan yaitu OS Windows vista, 7, 8.1, server 2012, windows server 2016 dan Windows 10.

(Foto/Blog Dila Alrizki)

Tidak perlu khawatir berlebihan kabarnya pihak Microsoft sudah mencium bau ransomeware WannaCry ini. Dua bulan yang lalu telah rilis patch MS17-010 khusus untuk Windows yang rentan serangan. Kalian tinggal mencarinya di situs resmi Microsoft.

6. Asalnya Dari Senjata Cyber AS
Fakta terakhir yang tak disangka-sangka adalah asal muasal ransomeware ini. WannaCry adalah bagian dari alat cyber Amerika. Namanya aslinya Eternalblue. Namun jangan salah sangka, Badan Intelejen Amerika (NSA) kecolongan alat ini. Kabarnya dicuri oleh sekelompok hacker yang dikenal dengan Shadow Broker.
(Foto/Winpoin)
Sebenarnya alat ini digunakan NSA unt mengendalikan control lawan dari jarak jauh dengan masuk kesistemnya. Namun kini telah dicuri dan dibocorkan.

SHARE YA !!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ads Content
loading...

Komentarnya ?