5 Penyebab Gagal Diet Yang Sering Dilalaikan

0
394
Gazebo Lifestyle – Alasan Kenapa Diet Sering Tidak Berhasil

Memiliki tubuh ideal dan proporsional tentunya jadi idaman setiap orang. Diet jadi alat bagi mereka yang memiliki tubuh lebih dari ideal, halusnya gemuk. Tidak sedikit dari mereka mencari informasi di internet mengenai cara diet cepat, cara diet alami, diet ocd dan sebagainya. Bahkan sempat menjadi tren pencarian di berbagai search engine.

Saat ini, tidak sedikit dari mereka gagal dalam program diet. Sebenarnya penyebab gagal diet ini datang dari sendiri. Termasuk juga pengetahuan mengenai cara diet yang tepat dan benar. Banyak yang diet dan berhasil membentuk tubuh mereka dengan sempurna.

Berikut 5 penyebab gagal diet yang sering dilalaikan para pendiet. Simak dengan seksama.

1. Hangout Bersama Teman

Sebenarnya hangout atu nongkrong bersama teman bukan lah hal salah, meskipun kalian dalam program diet. Namun kumpul bersama teman-teman tidak dapat dikendalikan. Umumnya ketika sedang hangout bersama teman-teman pasti diselengi dengan makanan dan minuman. Hal ini yang perlu diperhatikan. Kebayangkan reaksi teman ketika nolak makanan dengan alasan sedang diet.

Saran dari penulis lebih baik berhati-hati, hindari hangout yang menuju arah makan besar. Sayang sama kesempatan untuk makan malah disia siakan. Hangoutlah bersama teman yang juga sedang dalam program diet. Jika tidak ada, aturlah waktu hangout sesuai dengan jadwal makan.

Baca Juga  5 Alasan Pelajar Malas Sekolah

 

2. Tertipu Label Makanan

Makanan yang cocok untuk diet di label makanan, khususnya makanan kemasan. Banyak sekali yang terjebak dengan kalimat “cocok buat diet” atau “cemilan diet” bisa juga “kalori rendah”. Perlu diperhatikan dulu makanannya. Umumnya kandungan kalori sama dengan yang tidak memiliki tulisan diet. Apa lagi jika dikonsumsi dengan jumlah yang lebih. Kemungkinan besar diet kalian akan gagal hari itu.

Sebaiknya fahami dulu kebutuhan gizi pada tubuh dan cek lah komposisi yang ada pada makanan atau minuman tersebut agar tidak terjebak dengan label makanan. Bisa juga konsulltasikan dengan dokter gizi atau teman yang lebih pengalaman mengenai gizi.

 

3. Pola Makan Salah

Nah ini nih yang jadi masalah para pendiet. Penyebab gagal diet yang satu ini memang sering menjebak pendiet. Salah memahami makna diet yang sebagaimana mestinya. Persepsi bahwa diet harus mengurangi makan bukan bagian dari program diet yang sehat. Menahan lapar dan menunda makan sehingga pola makan menjadi tidak teratur.

Solusinya ialah memahami waktu makan dan porsi makan yang benar. Hindari menunda makan yang berakibat menjadi kelaparan dan balas dendam. So aturlah jadwal makan sebagaimana msetinya.

 

4. Olahraga Berlebihan

Membentuk badan ideal memang harus olahraga. Namun bukan berarti memaksakan tubuh untuk terus membakar lemak. Olahraga berlebihan dan tidak sesuai malah berdampak pada fisik. Pasti kalian merasakan lapar atau haus setelah olahraga. Jika berlebihan malah berbalik meningkatkan nafsu makan. Kalian tidak ingin banyak makan malah jadi nafsu makan.

Baca Juga  10 Cara Menghemat Uang Dari Tawaran Belanja

Berolahragalah secara rutin dan sesuai kemampuan tubuh. Hilangkan rasa untuk ideal secara instan dan terkesan memaksakan tubuh. Olahraga rutin dan secukupnya lebih baik. Kalian bukan atlit binaraga jugakan.

 

5. Masalah Hidup

Problem hidup bukan hal yang dapat kita hindari. Namun dalam program diet masalah menjadi penyebab gagal diet. Sebagian orang, makan dan berelaksasi menjadi obat penenang alami dari masalah yang ada. Ketika menghadapi masalah akhirnya makan sepuasnya seperti cewek yang lagi galau dalam film-film.

Sebaiknya, jalankan program diet dalam kondisi yang bisa diprediksi akan terus membaik. Buat yang sedang menyusun tugas akhir atau skripsi lebih baik hindari program diet. Kurang konsentrasi jika tidak ada snack ketika mengejear deadline yang malah berujung stress tingkat dewa.

Berikut tadi 5 penyebab gagal diet yang dapat kami rangkum berdasarkan pengalaman mereka yang sering gagal. Intinya carilah informasi mengenai diet dari pakarnya. Diet bukan seperti belajar komputer yang sukses autodidak.

SHARE YA !!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ads Content
loading...

Komentarnya ?