5 Makanan Khas Batak Yang Wajib Di Coba

0
224
Gazebo Kongkow –  Makanan Khas Batak Yang Harus Kalian Coba

Makanan tidak lepas dari ciri khas suatu daerah, karena setiap berkunjung yang paling banyak dicari adalah makanan khas daerah tersebut. Salah satu Daerah yang sangat khas adalah Daerah Sumatra Utara. Sumatra adalah salah satu Provinsi yang cukup Besar di Indonesia dengan Ibu Kota Medan. Banyak khas daerah yang sangat terkenal di seluruh Indonesia dan Dunia,salah satunya adalah makananya. Berikut adalah 5 Makanan khas Sumatra Utara yang patut anda Coba:

  1. Naniura

Makanan Yang Satu ini merupakan Makanan Khas Batak yang cukup unik, karena makanan ini Proses nya Tidak di Masak. Makanan ini hanya menggunakan rempah-rempah yang cukup untuk mematangkan makanan ini. ikan yang diperbolehkan untuk Naniura adalah Ikan mas saja. proses na pembuatannya cukup sederhana, hanya di oleskan rempah2 khas batak dan diamkan selama kurang lebih satu jam, setelah itu bisa di santap. naniura ini biasa disebut sushi na orang  batak.

2. Manuk Napinadar

Berikutnya adalah Manuk Napinadar. manuk napinadar atau ayam napinadar. Bahan utama dari kuliner ini adalah ayam yang disiram dengan bumbu khusus yang dibuat dari bahan darah ayam. Seperti halnya arsik, bumbu manuk napinadar ini juga menggunakan andaliman. Untuk traveler muslim, pastikan dulu ketika akan menyantap makanan ini. Seperti diketahui, darah ayam merupakan bahan yang tidak boleh dikonsumsi oleh umat Islam.

Baca Juga  6 Ciri Khas Rumah Makan Padang, Kalian Pernah Melihatnya !
3. Dekke Arsik

Dekke Arsik adalah nama makanan khas batak yang berarti ikan mas arsik, jadi bahan utamanya adalah ikan mas. Ikan mas ini di proses dengan cara di rebus dengan rempah2 yang sudah di haluskan. Dekke Arsik ini wajib ada di acara adat batak, seperti kelahiran anak Pertama. rasanya sangat enak.

 

4. Dali na Horbo
(Foto/Wikipedia)

Dali na Horbo adalah makanan khas batak berikutnya yang cukup unik, karena bahan bakunya bukan ikan ataupun daging, melainkan susu kerbau. makanan ini sangat mudah ditemui di rumah makan khas batak yang kita kenal LAPO. bahan bakunya diambil dari susu induk kerbau yang mempunyai anak berumur 1bulan. rasanya cukup enak.

5. Mie Gomak
(Foto/backpakerjakarta)

Makan Khas Batak ini dikenal dengan spagheti batak, alasanya adalah karena bentuk mie nya seperti spagheti orang italia. mie gomak ini bisa dimakan secara kering tanpa ada kuah ataupun dengan kuah, rasanya sangat enak dan harganya terjangkau.

SHARE YA !!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ads Content
loading...

Komentarnya ?