5 Cara Mengatasi Darah Tinggi Ketika Lebaran Idul Adha

0
298

Gazebo Lifestyle Mengatasi Darah Tinggi Saat Musim Daging Qurban Lebaran Idul Adha

Tepat pada 1 September 2017, Idul Adha telah ditetapkan Menteri Agama Lukman Hakim sebagai 10 Dzulhijah 1438 H. Ketika Idhul Adha, bukan hanya ramai-ramainya informasi haji saja, melainkan ada Qurban yang dianjurkan oleh Islam bagi yang mampu.

Nah saat musim qurban, kadang beberapa orang merasa khawatir akan kondisinya sendiri. Hypertensi atau darah tinggi menjadi ancaman bagi beberapa orang untuk ikut menikmati indahnya suasana Idhul Adha dan daging Qurban. Tapi tidak perlu khawatir berlebihan. berikut 5 tips mencegah darah tinggi khususnya pada saat Idul Adha.

1. BEROLAH-RAGA
(Foto/liputan6)

Bukan hal yang baru bahwa olahraga dapat membantu manusia terhindar dan mencegah bahkan mengurangi penyakit. Jika kalian pada awalnya memiliki hypertensi ada baiknya perbanyak olahraga. Olahraga rutin yang dianjurkan adalah aerobik yang ringan-ringan. Tidak perlu khawatir, jika kalian harus makan daging. Tapi sebaiknya di barengi dengan olahraga rutin. Kebanyakan orang-orang menahan nafsu untuk makan daging karena darah tinggi. So silahkan saja makan secukupnya kemudian harus berolahraga juga untuk mengendalikan darah.

Baca Juga  10 Merek Kosmetik Favorit Asal Indonesia
2. KONSUMSI MAKANAN MENGANDUNG KALIUM, MAGNESIUM DAN KALSIUM
(Foto/ahli kolesro;.com)

Dianjurkan untuk mengurangi natrium atau garam khususnya pada makanan. Nah kalian bisa menerapkan ini juga. Jangan terlalu berlebihan konsumsi garam atau makanan penyebab darah tinggi kumat. Jika harus makan daging, maka sebaiknya juga di barengi dengan konsumsi makanan yang seimbang.

Mengutip dari halosehat.com, konsumsilah makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Meskipun sebenarnya mengarah kepada pencegahan tapi tidak menutup kemungkinan untuk mengurangi resiko kumat tensi gara gara daging.

3. KURANGI KOPI DAN ROKOK
(foto/Minum Kopi)

Meski beberapa media kesehatan menginformasikan bahwa belum ada bukti kuat bahwa kopi menyebabkan darah tinggi, tapi kandungan caffeine serta gula memicu tekanan darah. Begitu pula dengan rokok, ada baiknya dikurangi, jika memungkinkan untuk berhenti malah lebih baik lagi.

4. PERBANYAK MINUM AIR PUTIH
(Foto/Disehat)

Umumnya air putih lebih berperan sebagai pencegah dehidrasi, namun tidak perlu khawatir. Air putih dapat menetralisir segala makanan yang kita konsumsi juga. Nah perbanyak minum air putih setelah makan daging. Air putih akan menetralkan lemak dari daging agar tidak tersisa didalam lambung.

Baca Juga  Manfaat Puasa Bagi Psikologis Generasi Muda, Kamu Harus Tau !
5. PERHATIKAN KONSUMSI DAGING

Vonis darah tinggi bukan berarti harus menjauh sama sekali dari daging. Apalagi daging qurban yang bisa dirasakan suasananya setahun sekali. Umumnya hewan qurban adalah hewan terpilih dan berkualitas sesuai dengan syariat agama. Tapi perhatikanlah bagaimana mengkonsumsinya. Beberapa informasi menyebutkan bahwa daging yang berbahaya bagi penderita darah tinggi adalah daging asap dan daging merah.

(Foto/Liputan 6)

Walaupun hewan qurban tergolong dalam daging merah, hindarilah konsumsi berlebihan. Juga harus memperhatikan cara pengolahan serta penyimpanannya. Lemak jenuh yang terkandung dalam daging merah bisa berkurang tergantung pengolahannya. Tapi kami anjurkan untuk mengkonsumsi berlebihan khususnya memang sudah mengidap hypertensi.

 

SHARE YA !!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Ads Content
loading...

Komentarnya ?